Selasa, 03 Januari 2017

MENGHADAPI ANAK USIA 2th- MY SON

Anak itu ibaratnya pohon rambat.kalau pohon rambat dibiarkan tumbuh sekehendak hatinya, maka akan tumbuhlah ke segala arah, tanpa tujuan, tidak enak dipandang dan akan mengganggu manusia di sekitarnya.
Tapi jika diarahkan , bahkan dibentuk, maka tumbuhlah sesuai dengan apa yang kita arahkan, maka keindahan yang terpancar dari tanaman itu akan berguna dan memukau orang disekitarnya. Maka rangkailah anak kita dengan jiwa seni, kasih sayang dan kelembutan, maka tanaman rambat itu akan menjadi bukan sekedar tanaman rambat.



Perkembangan anak 2 tahun memang diketahui sangat cepat dan juga bisa menangkap berbagai macam informasi dengan tanggap. Selain itu anak dalam usia balita juga mulai ingin dan bisa mengenali benda-benda di sekitarnya meskipun tidak disentuhnya langsung dan hanya dengan melihatnya. Anak usia 2 tahun biasanya juga mulai bisa menggambarkan suatu kejadian atau mengimajinasikan suatu hal tanpa harus ia mengalaminya terlebih dahulu. Misalnya jika sebuah roda di dorong maka akan menggelinding. Dia bisa membayangkan hal tersebut terjadi walaupun tidak melakukannya. hal tersebut bisa saja terjadi karena pada dasarnya anak seusia itu sudah mulai bisa membuat sebuah simbol tersendiri untuk sebuah benda. Nah, artikel ini  membahas tentang bagaimana perkembangan anak 2 tahun dan apa saja yang biasa dia lakukan pada saat usia 2 tahun.

Perkembangan Anak Usia 2 Tahun

Pada dasarnya ketika seorang anak menginjak usia 2 tahun, maka ia sedang gencar ingin meneliti dan mengetahui segala macam benda yang ada di sekitarnya. Maka dari itu pada usia-usia tersebut sebaiknya sebagai orang tua ataupun keluarga, Anda selalu mendampinginya karena rasa ingin tahu si anak yang begitu besar dan mungkin saja bisa membahayakan dirinya. Dan perkembangan anak 2 tahun ini tentunya harus diiringi dengan nutrisi makanan yang cukup dan juga lingkungan yang mendukung supaya pertumbuhan serta perkembangan otaknya bisa berjalan lancar.
Sebelum usia 2 tahun, kemampuan anak yang lebih berkembang adalah kemampuan gerak motoriknya. Dimulai dari agian kepala, kemudian menuju ke kaki. Jika Anda memperhatikan pun pasti bayi Anda akan mulai memperlihatkan perubahan, dari yang mulai hanya bisa mengangkat kepala saja, bisa tengkurap, duduk, merangkak, berdiri, berjalan, hingga akhirnya bisa berlari. Nah, pada usia 2 tahun seorang anak sudah mulai memiliki kemampuan membentuk ingatan bawah sadar dan juga ingatan sadar terutama yang terkait dengan perkembangan berbahasanya.
Anda akan mulai menyadari bahwa anak Anda sudah mulai berkembang pesat pada usia 2 tahun ketia dia sudah mulai bisa meniru atau mengikuti tingkah laku orang dewasa yang ada di sekitarnya. Si anak juga biasanya akan lebih mudah memahami kata-kata dan juga instruksi yang diucapkan oleh orang lain dengan lebih baik. Bahkan perkembangan anak 2 tahun akan menunjukkan kemampuan anak bereksperimen dengan benda-benda yang ada di sekitarnya. Perkembangan anak usia 2 tahun biasanya juga ditandai dengan mulai pahamnya si anak dengan kepemilikan barang. Misalnya dia mulai bisa mengenali mainan miliknya, baju milik ibunya, dan sebagainya. Bahkan dari buah hati Anda juga sudah mulai bisa mengenali objek gambar dan menyebutkan nama benda tersebut. Dan pada usia 2 tahun seorang anak biasanya sudah mampu menguasai sekitar 200 kata.
Perubahan atau perkembangan yang juga bisa Anda lihat dari buah hati kesayangan Anda adalah dia yang mulai bisa makan sendiri dan tahu bagaimana cara memasukkan makanan dari tangannya sendiri ke mulutnya. Anda juga bisa mengujinya dengan meminta si anak menyelesaikan tugas atau masalah-masalah yang sederhana. Misalnya dengan memintanya untuk mengambilkan apel yang ada di sebelahnya atau memintanya untuk berjalan ke arah Anda. Ketika si anak memegang pensil, pulpen, atau krayon maka jangan larang dia. Dampingi dia supaya dia juga bisa belajar menggunakannya dengan baik, perembangan anak 2 tahun si anak biasanya mulai belajar membuat coretan-coretan menggunakan alat tulis. Bahkan jangan heran jika dia bisa lebih merespon Anda ketika membacakannya cerita atau dongeng dan juga mengajaknya menyanyikan lagu-lagu sederhana.

Anak itu adalah rezeki yang dikasi dari allah, makanya anak itu unik . kita sebagai orang tua harus mengerti kemauan si anak selama kemauannya tidak membuat gaduh disekitar, repot loh mom ternyata mengurus anak usia 2th-3th kita harus banyak banyak bersabar diri karna anak usia ini daya penasarannya cukup tinggi .

apalagi aku seorang ibu pekerja yang ga full day sama si anak, scary si mom, agak khawatir karena kita ga bisa setiap saat pantau apa yang dilakukan si anak. apalagi sekarang si anak sudah tau apa marah itu, mereka marah saat kita tinggal untuk aktivitas sehingga terkadang apa yg kita nasehatin ke anak saat anak bikin gaduh justru membuat mereka ingin melakukan kegaduhan itu terus,, ya karena mereka mencari perhatian kepada orang tuanya . kuncinya kita sebagai orang tua harus strong , sabar, jadi ibu yang terbaikkk saat mendidik seorang anak insyallah apa yang kita lakukan semuanya berbuah hasil kebaikan untuk si anak . 


my son Abimanyu Al Khawarizmi 
semoga menjadi anak yang bermanfaat
always remember allah, do it for allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar